Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Seminar Lokal Hasil Pemantauan OPT/OPTK 2018 Sebagai Langkah Dini Pencegahan Penyakit

Seminar Lokal Hasil Pemantauan OPT/OPTK 2018 Sebagai Langkah Dini Pencegahan Penyakit

Batam – Menentukan sesuatu penyakit, kita tidak bisa menduga-duga tetapi harus dilihat, dilakukan pemantauan dan pengujian. Hal ini berlaku juga untuk menentukan penyakit pada tumbuhan yang berasal dari Organisme Penggangu Tumbuhan atau di singkat OPT. OPT yang ada di area pertanaman hortikultura, tanaman pangan, dan perkebunan dapat menjadi ancaman potensial terhadap penyebaran suatu penyakit yang dapat mengancam ketahanan pangan suatu negara, sehingga perlu dilakukan pemantauan secara berkala terhadap potensi OPT pada area tersebut.

Hal di atas menjadi salah satu alasan dilakukannya Seminar Lokal hasil Pemantauan OPT/OPTK tahun 2018, di aula Balai Karantina Pertanian Kelas I Batam, senin (27/8).

Seminar dipimpin dan dibuka oleh Kepala Seksi Karantina Tumbuhan , Novie Irnandari, S.Si dan dihadiri oleh pejabat struktural dan pejabat fungsional Karantina Batam, Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Batam dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) sekota Batam.

Dalam kegiatan ini dijelaskan, bahwa pelaksanaan pemantauan dimulai dari Bulan Februari s/d Agustus 2018, dengan target pemantauan salah satunya Papaya Ringspot Virus (PRSV) pada pepaya, hal ini sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Karantina Pertanian No. 2013/KR.020/K/1/2018, tentang Arahan Pemantauan OPT/OPTK tahun 2018.

Dengan penyelenggaraan seminar lokal hasil pemantauan ini diharapkan penyampaian jenis – jenis OPTK dan ciri – ciri gejala yang disebabkan oleh OPTK pada tanaman, dapat disosialisasikan kepada petani, agar pada pemantauan selanjutnya informasi gejala serangan hama dan penyakit oleh petani juga dapat dimasukkan dalam target pemantauan. Di samping itu, informasi mengenai OPTK memudahkan petugas karantina berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membantu melaksanakan pemantauan di lapangan setiap saat. Hasil seminar ini selanjutnya akan dibawa dan dibahas lebih lanjut pada seminar nasional hasil pemantauan OPT/OPTK tahun 2018 Badan Karantina Pertanian.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *