Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Burung Ditolak, Diperiksa Karantina Batam

Burung Ditolak, Diperiksa Karantina Batam

Tiada kata libur dalam kamus Petugas Karantina. Pengawasan di tempat pemasukan dan pengeluaran serta pelayanan prima terhadap masyarakat tetap dilaksanakan. Terbukti, Karantina Batam melakukan pemeriksaan terhadap burung yang ditolak oleh Karantina Yogyakarta, Minggu (10/6).

Hewan yang ditolak terdiri dari burung Murai Batu 72 ekor, burung Branjangan 27 ekor, burung Poksai 23 ekor, Red Face Liochicha 17 ekor dan Burung Wambi 237 ekor.

Burung tersebut dimuat dalam kemasan kotak plastik yaitu sebanyak 3 koli, menggunakan pesawat Lion Air dengan rute penerbangan Yogyakarta – Palembang – Batam. Diberangkatkan dari Yogyakarta pada hari Sabtu (9/6), pukul 21.50 dan sampai di Batam pada hari Minggu (10/6), pukul 8.30 pagi.

Kasus diawali dengan penyelundupan ratusan burung tersebut ke Yogya. Modusnya dengan cara memasukkan burung ke dalam kotak plastik, lalu diterbangkan dari Bandara Hang Nadim menuju Yogyakarta bersama burung lain yang memiliki Dokumen Karantina resmi.

Menurut Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan (Wasdak) Karantina Batam, drh. Romauli Simatupang, setelah sampai di Batam burung tersebut langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Dokter Hewan Karantina Wilker Bandara Hang Nadim. Selanjutnya dilakukan pembuatan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terhadap pemilik. Berdasarkan hasil BAP, didapatkan informasi adanya petugas maskapai yang terlibat. Selanjutnya, Burung tersebut dikembalikan kepada pemiliknya sebagai bentuk pembinaan dan akan melengkapi dengan dokumen yang dipersyaratkan, sebelum dikirim kembali ke Yogyakarta.

Letihnya hati lemahkan raga,
Lapangkan dada adalah obatnya.
Lebaran kami tetap berjaga,
Yuk selalu Lapor Karantina ya.

#KarantinaBatam
#LaporKarantina 🐕 🍎
#LebaranTetapTugas

About The Author

Related posts