Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Itjentan Gelar Sosialisasi Benturan Kepentingan di Karantina Batam

Itjentan Gelar Sosialisasi Benturan Kepentingan di Karantina Batam

Batam (14/05), SobatQ benturan kepentingan atau istilah lebih kerennya “conflict of interest” telah menjadi suatu yang hangat beberapa tahun belakangan ini. Bahkan kasus yang berbau benturan kepentingan erat hubungannya dengan KKN (Korupsi Kolusi & Nepotisme) yang dapat terjadi di lembaga pemerintahan tidak terkecuali instansi Karantina. Hal ini terjadi karena banyak situasi yang memungkinkan terjadinya “zona abu-abu” dan potensi untuk terjadinya KKN.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Pertanian melalui Itjentan (Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian) melakukan Sosialisasi tentang Pedoman Penanganan Benturan Kepentingan di lingkungan Kementerian Pertanian. Kegiatan tersebut sesuai dengan amanah dari Peraturan Menteri Pertanian Nomor 03/Permentan/OT.140/1/2015. Kegiatan dilaksanakan di Aula Karantina Batam.

Sosialisasi dipaparkan oleh Tim Auditor dari Itjentan yang terdiri dari Dra. Endang Supartidjah MM., Akhmad Muslikh SE. MM., dan Leila Febrianti SH. M.Kn. Kegiatan dibuka oleh drh. Catrini Anawang Sih selaku Kasie Karantina Hewan dan dihadiri oleh pejabat struktural dan pejabat fungsional lingkup Karantina Batam.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang berjalan aktif. Diakhir sosialisasi, Karantina Batam diharapkan membuat Pedoman Benturan Kepentingan di level lingkup Karantina Batam, sehingga seluruh pegawai mampu menghindari dan menangani terjadinya benturan kepentingan secara memadai, agar mampu memberikan pelayanan prima kepada stakeholder, mencegah terjadinya KKN, serta meningkatkan integritas pegawai untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik.

Dekapan hidup yang positif hindari angan,
Kebaikan akan bermuara kasih cinta.
Dengan komitmen Hindari Benturan Kepentingan,
Karantina yang good governance akan tercipta.

#KarantinaBatam
#LaporKarantina🐕🍎

About The Author

Related posts