Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Karantina Batam Untuk Laboratorium yang Terstandar Nasional

Karantina Batam Untuk Laboratorium yang Terstandar Nasional

SobatQ, tau ngak sih kalau Karantina Pertanian itu tidak melulu pemeriksaan area pabean atau menahan komoditas pertanian lho. Ternyata ada juga yang namanya Pemeriksaan Laboratorium. Seberapa penting ya? Dalam kompetisi global saat ini, industri di Indonesia dituntut menghasilkan produk dengan kualitas tinggi. Di sinilah peran Laboratorium sebagai pengendali dan penjamin kualitas mutu produk, tidak terkecuali untuk produk komoditas pertanian. Penting banget kan??

Karantina Batam menyelenggarakan pelatihan Sistem Manajemen Mutu ISO/IEC 17025:2017, yang diikuti oleh petugas laboratorium dari Karantina Batam, Karantina Karimun dan Karantina Tanjung Pinang, Kamis (12/4). Pelatihan diselenggarakan di Aula Kantor Karantina Batam.

Pelatihan dibuka oleh Kasie Karantina Tumbuhan Novie Irnandari. S.Si. , yang menekankan tentang pentingnya ISO/IEC 17025:2017 untuk kemajuan Laboratorium Karantina di Propinsi Kepulauan Riau. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang pelatihan Sistim Manajemen Mutu ISO/IEC 17025: 2017 yang dipaparkan oleh Anthony Salim dari PT. Eldepe Kalibrasi.

Perlu diketahui bahwa Sistem Manajemen Mutu ISO/IEC 17025:2017 adalah standar internasional untuk sebuah laboratorium, yang biasa disebut dengan predikat laboratorium terakreditasi. Artinya menjamin profesionalisme sebuah laboratorium dalam melakukan pengujian.

Sistem ini merupakan perubahan dari Sistem Manajemen Mutu ISO/IEC 17025:2005 yang mulai diberlakukan tahun ini, sehingga sangat penting pemahaman tersebut bagi seluruh personel laboratorium. Sersan alias serius tapi santai itulah nuansa yang terasa, dimana lebih dari 5 jam peserta diberikan pemahaman baik teori maupun praktek tentang Sistem Manajemen Mutu Laboratorium yang relatif baru tersebut.

Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi personel laboratorium Karantina Pertanian di Kepri dan dapat mengingatkan kembali bahwa peralatan laboratorium yang terkalibrasi dan tata ruang yang baik, merupakan syarat mutlak untuk menjadi laboratorium yang sesuai dengan standar ISO/IEC 17025:2017.

Kasih suci susah tertuju,
Hati terkasih tinggalkan tanya.
Karantina selalu berpikir maju,
Demi Indonesia selalu terjaga.

#KarantinaBatam #LaporKarantina 🐕 🍎

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *