Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Australia Pun Butuh Sarang Burung Walet Indonesia

Australia Pun Butuh Sarang Burung Walet Indonesia

Sobat Q, tahu tidak kalau Batam merupakan salah satu daerah pengekspor sarang burung walet (SBW)? Komoditas primadona ini tidak hanya diekspor ke Singapura atau Malaysia, tapi juga ke Australia, New Zealand dan Hongkong. Keren kan??

Kali ini, Petugas Karantina Hewan Karantina Batam lakukan pemeriksaan terhadap sarang burung walet siap konsumsi (moist retorted birdnest) yang akan diekspor ke Australia dengan jumlah sebanyak 18,75 kg dan bernilai Rp.286.000.000,-.

Saat ini sarang burung walet menjadi bisnis yang menggiurkan, apalagi ekspor sarang burung walet tujuan Tiongkok. Tiongkok merupakan pangsa pasar SBW terbesar di dunia. Tercatat akhir tahun 2017, nilai ekspor SBW tujuan Tiongkok mencapai USD 87,45 juta atau Rp 1,16 triliun.

Karantina Batam saat ini sedang melakukan pendampingan terhadap tiga Perusahaan Pemrosesan SBW yang akan melakukan ekspor ke Tiongkok. SobatQ tertarik berbisnis sarang burung walet??.

Binarnya bunga di pinggir taman,
Semerbak wanginya hiasi sukma.
Biar SobatQ selalu nyaman,
Laporkan Komoditas SBWnya ya.

#KarantinaBatam #LaporKarantina 🐕 🍎

About The Author

Related posts