Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Laboratorium Karantina Tumbuhan Batam Anti Downey Mildew

Laboratorium Karantina Tumbuhan Batam Anti Downey Mildew

Kedelai adalah salah satu komoditi pertanian yang banyak digunakan untuk industri pangan, antara lain untuk membuat tahu dan tempe yang telah menjadi menu utama sebagian besar masyarakat Indonesia. Penyakit Downey Mildew adalah salah satu organisme pengganggu tanaman (OPT) dari kelompok penyakit tumbuhan dan masuk dalam golongan Cendawan yang menyerang kedelai.
Pada hari Kamis (30/03), Laboratorium Karantina Tumbuhan Batam melakukan pengujian deteksi cendawan Peronospora manshurica pada Media Pembawa biji Kedelai yang berasal dari Negara Malaysia, dengan metode pengamatan langsung (direct inspection) melalui uji Tetrazolium chloride test. Adapun, lama pengujian Deteksi cendawan Peronospora manshurica pada kedelai yaitu selama 3 hari.
Sejak Bulan September Tahun 2014 laboratorium Karantina Tumbuhan memulai penerapan Sistem Manajemen Mutu SNI ISO/IEC 17025: 2008 untuk ruang lingkup pengujian cendawan Peronospora manshurica pada Media Pembawa biji Kedelai dengan metode pengamatan langsung (direct inspection) dan pencucian (washing test). Pada 24 Agustus 2016 Laboratorium Karantina Batam sudah mendapatkan Sertifikasi Komite Akreditasi Nasional untuk ruang lingkup ini.
Agar terasa hangat nasi goreng campur merica,
Ditambah sosis kenyang pun terasa.
Agar kedelai terhindar dari Cendawan Peronospora manshurica,
Yuk sobatQ Lapor Karantina.

About The Author

Related posts