Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Petugas Karantina Batam Lakukan Pemantauan pada Tanaman Jeruk dan Jagung

Petugas Karantina Batam Lakukan Pemantauan pada Tanaman Jeruk dan Jagung

SobatQ, pada hari Jumat ( 24/3/2017), Karantina Batam melakukan pemantauan OPT/OPTK yang dilakukan oleh enam orang petugas Karantina Tumbuhan di dua lokasi di kota Batam yaitu di Sei Temiang dan Tembesi.
Kegiatan pemantauan karantina tumbuhan ini dimulai dari Bulan Maret s/d Juli 2017, dengan target pemantauan yaitu Papaya Ringspot Virus (PRSV) pada pepaya, Peronosclerospora spp. pada jagung, tungau Brevipalpus cakifornikus dan Phyllocoptruta oleivora pada jeruk, sesuai dengan Surat Edaran Kepala Badan Karantina Pertanian No. 225/KR.010/K/1/2017 tentang Arahan Pemantauan OPT/OPTK 2017.
Dengan pemantauan ini diharapkan informasi terkait jenis – jenis OPTK (Organisasi Pengganggu Tumbuhan Karantina) dan ciri – ciri gejala yang disebabkan oleh OPTK pada tanaman dapat disosialisasikan kepada petani agar pada pemantauan selanjutnya informasi gejala serangan hama dan penyakit oleh petani, juga dapat dimasukkan dalam target pemantauan. Di samping itu, informasi mengenai OPTK memudahkan instansi terkait untuk membantu melaksanakan pemantauan di lapangan setiap saat.
Jika hendak menebang ilalang,
Parang tajam tuan jangan dilupakan.
Jika hendak Organisme Pengganggu Tanaman hilang,
Pemantauan Oleh Petugas Karantina mutlak harus di lakukan.

About The Author

Related posts