Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Karantina Batam Tolak Love Bird Dan Anak Angsa Tanpa Dokumen

BKP

Batam (04/02), Karantina Batam Wilayah Kerja (wilker) Pelabuhan Batu Ampar melakukan penolakan terhadap 50 ekor Burung Love Bird dan 2 ekor Anak Angsa tanpa dokumen karantina. Media pembawa tersebut ditolak menggunakan Kapal Kelud tujuan Belawan pada hari ini jam 17.00 wib.
Berdasarkan Undang-Undang Nomor. 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan pada Pasal 6 disebutkan setiap media pembawa hama dan penyakit hewan karantina, hama, dan penyakit ikan karantina, atau organisme pengganggu tumbuhan karantina yang dibawa atau dikirim dari suatu area ke area lain di dalam wilayah negara Republik Indonesia wajib :
a. dilengkapi sertifikat kesehatan dari area asal;
b. melalui tempat-tempat pemasukan dan pengeluaran yang telah ditetapkan;
c. dilaporkan dan diserahkan kepada petugas karantina di tempat-tempat pemasukan dan pengeluaran untuk keperluan tindakan karantina.
Karena MP tersebut tidak dilengkapi dokumen karantina dari daerah asal, maka dilakukan tindakan penolakan. Tindakan penolakan dipimpin langsung oleh drh. Romauli Basa Simatupang selaku Kasi Wasdak Karantina Batam beserta drh. Cartrini Anawang Sih, selaku Kasie Karantina Hewan dan pejabat fungsional karantina hewan Karantina Batam.

About The Author

Related posts