Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

KARANTINA BATAM AMANKAN BERAS BASMATI ILEGAL

KARANTINA BATAM AMANKAN BERAS BASMATI ILEGAL

Batam – Karantina Batam terus meningkatkan pengawasan pemasukan beras basmati, hal tersebut sesuai dengan surat edaran Kepala Badan Karantina Nomor 11107/TU.020/K/10/2016 mengenai peningkatan pengawasan terhadap pemasukan beras basmati ilegal khususnya untuk Unit Pelayanan Teknis (UPT) BBKP Tanjung Priok dan BKP Kelas I Batam. Pada Kamis tanggal 03 November 2016, telah berhasil dilakukan penahanan beras basmati sebanyak 18 karung 5 KG per karung (total 90 KG) yang masuk melalui pintu pemasukan wilayah kerja Pelabuhan Ferry International Batam Center.

Beras tersebut berasal dari Singapura dengan kemasan kardus dengan alat angkut kapal ferry. Berkat kerjasama yang baik dari petugas POPT dan pejabat struktural baik kepala seksi karantina tumbuhan maupun kepala seksi pengawasan dan penindakan serta pihak bea cukai pelabuhan laut.

Penahanan dilakukan karena telah melanggar pasal 5 Undang-undang No 16 Tahun 1992 tentang karantina Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan. Komiditi tersebut saat ini berada di Kantor Balai Karantina Pertanian Batam, dalam waktu 14 hari kerja dilakukan penahanan sambil dilakukan pemeriksaan laboratorium OPTK serta pemeriksaan terhadap keamanan pangannya. jika Hasil pengujian laboratorium OPTK maupun keamanan pangan beras tersebut baik, rencana akan diserahkan kepada pihak instansi bea dan cukai untuk dapat dilakukan hibah, namun apabila hasil laboratorium positif OPTK maupun tidak layak konsumsi dari segi keamanan pangan maka media pembawa tersebut akan dimusnahkan dengan cara dibakar.( Humas Karantina Batam).

About The Author

Related posts