Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

4 HEWAN HASIL CYBERCRIME DIAMANKAN BALAI KARANTINA PERTANIAN BATAM

satwa

Batam – Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Batam berhasil mengamankan empat hewan tanpa dokumen yang masuk melalui pelabuhan Sekupang Batam, yang dibawa dari Dumai menggunakan kapal Ferry pada 14 Maret 2016 lalu. Hewan tersebut ditangkap saat petugas BKP Batam melakukan pengecekan terhadap barang bawaan penumpang. Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Batam Suryo Irianto mengatakan keempat hewan tersebut dijemput oleh si pembeli dibelabuhan, yang dibeli secara online. Ia mengatakan BKP Batam tidak mungkin mengeluarkan dokumen keempat hewan tersebut karna masuk dalam daftar Hewan Penular Rabies, dan salah satunya satwa yang dilindungi.

“Kepri merupakan daerah bebas rabies sejak jaman hindia belanda, jadi tidak mungkin ada dokumen untuk ke 4 hewan tersebut,” Tegas Suryo Irianto (16/03/2016).

Suryo Irianto menambahkan, ini merupakan tindakan Cybercrime pertama yang diamankan oleh BKP Kelas 1 Batam. Adapun keempat hewan tersebut yakni 1 Ekor Siamang, 1 Ekor Monyet, dan 2 Ekor Luwak. Rencananya hewan tersebut akan diserahterimakan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam sebagai barang titipan karna habitatnya tidak didalam kandang. Sementara si Pembeli akan dimintai keterangan untuk menelusuri siapa penjual, dan pihaknya sudah perintahkan kepada penyidik karantina untuk melakukan pemberkasan lebih lanjut.

sumber:www.rri.co.id/madiun/post/berita/257490/hukum/4_hewan_hasil_cybercrime_diamankan_balai_karantina_batam.html

About The Author

Related posts