Info Karantina
  • Kami tidak mengijinkan sedikitpun segala bentuk pemberian dalam bentuk uang, barang, hadiah, janji, fasilitas dan keuntungan lain dalam pelaksanaan pelayanan karantina pertanian.

Mahasiswa FKH IPB, Magang Profesi di Karantina Pertanian Batam

ipb

Batam – Dua mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) R.M. Rizky Jauhari, SKH dan Chiko Muhammad Riza, SKH memaparkan hasil akhir dari magang profesi kedokteran hewan yang telah berlangsung selama satu bulan di Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Batam. Bertempat di Aula Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Batam (10/6), keduanya menyampaikan “Kami menimba ilmu juga di laboratorium karantina hewan dan ikut melihat bagaimana operasionalisasi kegiatan lapangan di tempat pemasukan dan pengeluaran di Wilayah wilayah Kerja Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Batam,” ujar R.M. Rizky Jauhari, SKH dan Chiko Muhammad Riza, SKH.

Kegiatan Karantina Hewan (KH) di BKP Kelas 1 Batam menurut mereka sudah sesuai dengan UU RI No 16 Tahun 1992 tentang karantina hewan ikan dan tumbuhan serta PP RI No 82 Tahun 2000. “Kami melihat, Batam merupakan daerah perbatasan dengan negara tetangga seperti Singapura dan malaysia dimana pintu masuk dan keluarnya Produk Hasil Pertanian dan Peternakan yang sangat stategis”, tambah keduanya. Hal ini membutuhkan SDM (Sumber Daya Manusia) Petugas Karantina Hewan yang lebih banyak lagi sehingga Pencegahan masuk dan tersebarnya Hama dan Penyakit Hewan Karantina dapat di cegah/ditangkal.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Seksi Karantina Hewan Drh. Azhar, Kepala Seksi Kewasdakan Drh. Ibrahim serta Medik dan Paramedik Veteriner Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Batam. Para mahasiswa Kedokteran Hewan dari IPB tersebut telah menyelesaikan “magang profesi kedokteran hewan” di BKP Kelas 1 Batam dari tanggal 18 Mei sampai dengan 9 Juni 2015. (BKP Kelas I Batam)

sumber : http://karantina.pertanian.go.id/oldsite/index.php?page=quarantine_detail&&id=889

About The Author

Related posts